Kemudahan Ekspor Bagi Pelaku UKM Yogyakarta Dengan Adanya Konsolidator Ekspor

Tugu Nol Kilometer (id.wikipedia.org)


Kota Yogyakarta sudah lama dikenal memiliki banyak sekali potensi usaha yang sangat menjanjikan bila berhasil dikembangkan. Kota yang dijuluki Kota Gudeg ini telah lama dikenal sebagai penghasil beragam produk seperti kulit kambing jadi, handycraft atau kerajinan tangan, furniture atau mebel, plywood, gula kepala dan cassia. 


Saat ini, produk-produk khas kota Yogyakarta sudah banyak yang banyak yang berhasil menembus pasar internasional. Yang mengagumkan, produk-produk yang berhasil diekspor tersebut merupakan hasil karya UKM lokal. 


Sayangnya, masih banyak UKM lokal yang mengalami kesulitan untuk mengekspor produk-produk yang mereka hasilkan ke pasar internasional. Hal ini disebabkan rumitnya proses administrasi dan pengiriman sebelum suatu produk bisa dipasarkan ke pasar mancanegara. 


Sebagaimana dikutip dari laman koperasi.kulonprogokab.go.id. ada empat dokumen yang dibutuhkan jika sebuah UKM ingin mengekspor produk-produk mereka. 


Keempat dokumen tersebut adalah sebagai berikut: 


1. SIUP (Surat Izin Perdagangan) oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kota.


2. TDP (Tanda Daftar Perusahaan) oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kota. 


3. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) oleh Kantor Pelayanan Pajak


4. NIK (Nomor identitas Kepabeanan) oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.


Konsolidator Ekspor


Selain menggunakan cara di atas, para pelaku UKM dapat menggunakan jasa konsolidator ekspor. Konsolidator ekspor adalah perusahaan yang menawarkan jasa pengiriman barang untuk ekspor. 


Salah satu perusahaan konsolidator ekspor yang ada di Yogyakarta adalah PT Biru Pratama Logistic. Perusahaan ini bekerjasama dengan MSA Kargo dan mulai melayani para eksportir di Yogyakarta dan sekitarnya sejak Januari 2023. 


Perusahaan jenis ini menawarkan keuntungan bagi para pelaku UKM untuk bisa melakukan ekspor tidak penuh satu kontainer. Selain itu, konsolidator ekspor juga ikut membantu para pelaku UKM melakukan pengurusan berkas-berkas administrasi ekspor yang menjadi bagian krusial dari pengiriman barang ke luar negeri. 


"Harapan kami hadir di Yogyakarta ini agar para eksportir dari daerah Yogyakarta dapat menghemat waktu dan biaya," Kata Gandhi Yudi Widodo selaku Regional Manager MSA KArgo Yogyakarta, seperti dilansir liputan6.com. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penanganan Spesial Cargo

Menteri BUMN Apresiasi Prestasi Pelindo Pasca Merger

Mengenal Tipe Truk Cargo