Pelabuhan Desa Bumi Harapan Jadi Tempat Logistik IKN Nusantara



Kegiatan bongkar muat material dan logistik di Pelabuhan Masyarakat Desa Bumi Harapan, kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur mulai terlihat. Barang-barang yang dibongkar muat tersebut adalah barang-barang yang yang dibutuhkan untuk membangun Ibu Kota Negara Indonesia atau IKN Indonesia yang baru bernama Nusantara. 


Seorang pekerja di sana menuturkan bahwa sejak bulan Desember 2022 yang lalu, kegiatan bongkar muat logistik di sana sudah berjalan. Material logistik tersebut, menurut dia, adalah milik kontraktor pelaksana atau perusahaan yang terlibat pembangunan infrastruktur IKN Indonesia yang baru. 


Pekerja tersebut juga mengatakan bahwa dia dan rekan-rekannya hanya melakukan pembongkaran material dan logistik dan ponton yang datang merapat. Pemilik barang-barang tersebutlah yang membawanya ke lokasi proyek. 


Warga Desa Bumi Harapan, Jumairi, mengatakan bahwa memang benar kendaraan-kendaraan pengangkut barang berukuran besar yang lalu lalang mengangkut material dan logistik. Warga mengatakan bahwa setiap hari ada empat sampai lima kendaraan besar yang lalu lalang mengangkut material dan logistik IKN. Warga meminta agar jalan tersebut diperbaiki karena digunakan pula oleh warga untuk pergi bekerja di sawah. 


Fikri, seorang sopir kendaraan pengangkut barang berukuran besar, mengatakan bahwa material dan logistik dibawa oleh kendaraan pengangkut barang dari pelabuhan ke kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) IKN Nusantara. 


Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah meminta pada pemerintah desa untuk mengalihfungsikan penggunaan pelabuhan masyarakat untuk dijadikan jalur khusus pengiriman logistik dan material untuk membangun IKN Indonesia Baru. Sedangkan Kementerian Perhubungan telah menerbitkan rekomendasi melalui Direktur Jendral Perhubungan Laut No. A.399/AL.308/DJPL menyangkut pemberian izin pengoperasian garis pantai untuk kegiatan muat logistik dan material IKN Nusantara. 


Pewarta: Novi Abdi/Bagus Purwa (Antara News)


Editor: M. Nahar 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penanganan Spesial Cargo

Menteri BUMN Apresiasi Prestasi Pelindo Pasca Merger

Mengenal Tipe Truk Cargo