Aplikasi Mutakhir Phinnisi Siap Menyambut Tantangan Era Industri 4.0


Ilustrasi Pelabuhan (tempo.co)


Di era industri 4.0 ini, perusahaan-perusahaan harus terus berinovasi agar mampu memenangkan persaingan.  PT Integrasi Logistik Cipta Solusi (ICLS) siap menjawab tantangan tersebut dengan menciptakan aplikasi mutakhir bernama Phinnisi.


Phinnisi (Vessel Management System) merupakan aplikasi berbagai kebutuhan dari kegiatan pelayanan kapal. Aplikasi ini bahkan bisa mencegah korupsi di pelabuhan. 


Kegiatan pelayanan kapal yang dimaksud mulai dari pengajuan pelayanan kapal (Terintegrasi dengan INAPORTNET), perencanaan terhadap resource dan schedule-nya, realisasi terhadap kegiatan pelayanan kapal hingga kebutuhan billing dan reporting


Aplikasi inovatif ini, menurut Project Manager Sistem Layanan Kapal Phinnisi Luqman Farisy sudah digunakan di beberapa pelabuhan. Salah satu pelabuhan yang telah menggunakan aplikasi tersebut adalah Pelabuhan Bengkulu dari Regional 2 yang ditunjuk sebagai pilot project impelementasi pelabuhan tersebut pada bulan Juni 2022. 


Pelabuhan terbaru yang menggunakan aplikasi ini adalah Pelabuhan Palembang di Sumatera Selatan.  Dua pelabuhan lagi sedang bersiap untuk menggunakan aplikasi tersebut dalam kegiatan operasional mereka.


Aplikasi ini, kata Luqman, memiliki banyak sekali manfaat, antara lain otomatisasi kegiatan pelayanan kapal dan perencanaan penjadwalan atau scheduling. Efisiensi waktu dan perencanaan penggunaan sumber daya pelabuhan dalam kegiatan pelayanan kapal juga bisa ditingkatkan. Bila terjadi kejadian yang tidak diharapkan atau abnormalities, pihak pelabuhan juga bisa dengan cepat dan akurat melakukan penanganan yang dibutuhkan. 


Aplikasi Phinnisi memungkinkan pengguna melakukan peninjauan dan evaluasi terhadap kinerja penggunaan resource secara real time dan mampu memberikan laporan untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajemen, pungkas Luqman. 


https://jtcargojakarta.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penanganan Spesial Cargo

Menteri BUMN Apresiasi Prestasi Pelindo Pasca Merger

Mengenal Tipe Truk Cargo