Tumpukan Peti Kemas Dari Jakarta Akan Dilimpahkan ke Tanjung Batu

Pelabuhan Tanjung Batu (postbelitung.co)


Menurut penilaian Sahani Saleh, Bupati Kabupaten Belitung, Pelabuhan Tanjung Batu yang berada di wilayah kabupaten yang terletak di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengurai tumpukan peti-peti kemas yang ada di Jakarta. 


Peti-peti kemas yang ada di Jakarta dapat ditumpuk di Pelabuhan Tanjung Batu sehingga peti-peti kemas yang ada di wilayah ibukota negara tersebut bisa berkurang kepadatannya. Bahkan, peti-peti kemas dari Singapura juga bisa masuk ke pelabuhan tersebut, kata Sahani di Tanjung Pandan, pada hari Rabu. 


Pelabuhan Tanjung Batu yang tahun 2015 diresmikan oleh Presiden Joko Widodo merupakan pelabuhan pengumpul yang terletak di kawasan yang cukup strategis. Pelabuhan tersebut berada di kawasan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) Iyang merupakan yang cukup strategis. Kondisi perairan di sana tenang dan dalam serta dikelilingi sejumlah pulau.


Sahani juga menjelaskan bahwa Pelabuhan Tanjung Batu sedang disiapkan untuk menjadi pelabuhan untuk ekspor dan impor komoditi unggulan dari Belitung. Barang-barang unggulan tersebut antara lain kaolin, pasir kuarsa dan crude palm oil (CPO). Pihaknya, kata Sahami, juga sedang mempersiapkan lahan seluas 75 hektar untuk memperluas area pelabuhan. 


Salhani Saleh sendiri merasa optimis, PT Temas Port sebagai perusahaan nasional yang sudah sangat berpengalaman dalam bidang pelayaran akan mampu mengelola Pelabuhan Tanjung Batu dan memberikan kontribusi terbaiknya kepada daerah dan masyarakat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penanganan Spesial Cargo

Menteri BUMN Apresiasi Prestasi Pelindo Pasca Merger

Mengenal Tipe Truk Cargo