Sesudah Cuaca Membaik, Pelabuhan Jangkar di Situbondo Kembali Bisa Beroperasi



Penyeberangan di Pelabuhan Jangkar Situbondo yang sebelumnya sempat terhenti selama dua pekan akibat cuaca buruk yang melanda Selat Madura kini telah kembali beroperasi. Pelabuhan ini melayani rute penyeberangan dari Stibubondo ke sejumlah pulau di wilayah Sumenep. 


Badan Metereoogi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyatakan bahwa peta cuaca yang tadinya memerah kini telah menjadi hijau, pertanda cuaca telah membaik. 


“Ada dua Kapal Motor Penumpang yang sudah berangkat hari ini. Yaitu tujuan Kangean dan Raas,” ujar Koordinator UPT Pelabuhan  Pengampu Regional  Banyuwangi Wilker Jangkar Tri Wahyono, Jumat (6/1/2023).


Tri juga mengatakan bahwa para penumpang yang sedang menuju ke sejumlah pulau di kepulauan Madura sudah terangkut. Kapal-kapal yang sudah berangkat antara lain KMP Dharma Kartika ke Pulau Raas dan KMP Hulalo ke Pulau Kangean. 


“Untuk penumpang sudah terangkut semua. Namun untuk kendaraan tidak full masih kami batasi karena ombak belum sepenuhnya normal. Karena perlu berhati- hati,” tambahnya, seperti dilansir liputan6.com..


Tri juga menambahkan bahwa karena cuaca belum sepenuhnya normal, kapasitas kapal masih harus dibatasi. Kendaraan-kendaraan, kata dia, sebagian besar sudah terangkut. 


Para penumpang sendiri menyambut gembira keberangkatan kapal-kapal tersebut, bahkan di antara mereka ada yang samai melakukan sujud syukur. Hal itu karena merak sudah sekitar dua minggu menginap untuk menunggu pengoperasian kapal-kapal yang seharusnya sudah berlayar ke Pulau Raas dan Pulau Kangean tersebut. 


"Alhamdulillah diberangkatkan, setelah menunggu belasan hari akhirnya dapat menyeberang,” ujar Gojali, salah satu penumpang asal Kepulauan Raas, seperti dilansir liputan6.com. 


Kapal penyeberangan tujuan pulau Madura sempat ditutup sejak tanggal 23 Desember 2022 lalu.  BMKG sebelumnya memperkirakan bahwa cuaca baru akan membaik tanggal 8 Januari 2023 yang akan datang. Namun kini, otoritas pelabuhan sudah mengizinkan kapal-kapal untuk kembali beroperasi. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penanganan Spesial Cargo

Menteri BUMN Apresiasi Prestasi Pelindo Pasca Merger

Mengenal Tipe Truk Cargo