Pelabuhan Pusat Distribusi Jagung Akan Dibangun di NTB

ilustrasi jagung


Pelabuhan khusus untuk menampung produksi jagung di wilayah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, sudah mulai dibangun. Pelabuhan tersebut dinamakan Pelabuhan Teluk Santong dan akan menjadi pusat distribusi jagung dari NTB. 


"Infrastruktur pelabuhan untuk pangan dapat berkontribusi mengurangi disparitas serta menjaga stabilisasi stok dan harga pangan secara merata," kata Arief dalam Siaran Pers NFA, Kamis tanggal 12 Januari 2023, sebagaimana dilansir republika.co.id. 


Arief juga menyakini bahwa infrastruktur pelabuhan mampu membantu meningkatkan pemanfaatan potensi pangan lokal. Peningkatan pemanfaatan pangan lokal tersebut nantinya diharapkan akan memiliki dampak postif pada kesejahtraan petani dan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut. 


Arief sendiri tidak menjelaskan berapa besar biaya yang dikeluarkan dalam proyek pembangunan pelabuhan tersebut. Proyek Pelabuhan Teluk Santong itu sendiri merupakan kerja sama antar pemerintah pusat, pemerintah daerah NTB dan pihak swasta. 


Nantinya, kata Arief, pelabuhan itu akan dijadikan pusat distribusi jagung yagn dihasilkan oleh para petani di wilayah Sumbawa dan Dompu, NTB. Seperti yang telah diketahui bersama, propinsi NTB merupakan sentra produksi jagung nasional. 


Ketersediaan infrastruktur pelabuhan seperti Teluk Santong akan meningkatkan ketersediaan stok dan stabilitas harga pangan di daerah, terutama di daerah terluar dan wilayah perbatasan. 


Oleh Kemenhub, pelabuhan yang berada di sentra produksi pangan tersebut nantinya akan bisa dihubungkan dengan program Tol Laut agar kapal-kapal pengangkut bahan pangan dari pulau Jawa bisa kembali dengan membawa muatan pangan lokal seperti jagung dari NTB. 


Tenaga ahli Menhub, Andre Mulpyana, mengatakan bahwa pihaknya iktu mendukung terjadinya akselerasi yang terukur dan optimalisasi potensi nasional berupa produksi jagung NTB tersebut.


Menurut Andre, jumlah jagung di NTB sangat berlebih sehingga distribusi komoditas tersebut membutuhkan kerja sama dengan semua pihak. Pihak Kemenhub akan memfasilitasi kelancaran distribusi antar pulau melalui pelabuhan dan sarana-saranah transportasi lainnya. 


Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, mendukung penuh pembangunan pelabuhan di Teluk Santong, Sumbawa. Beliau mengatakan bahwa kolaborasi seperti ini akan memungkinkan hal-hal yang sebelumnya tidak terpikirkan bisa terwujud, seperti pembangunan pelabuhan untuk memperlancar distribusi produk-produk pertanian di NTB. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penanganan Spesial Cargo

Menteri BUMN Apresiasi Prestasi Pelindo Pasca Merger

Mengenal Tipe Truk Cargo