Pelabuhan Buluminung Disiapkan Jadi Pelabuhan Logistik IKN Baru

Pelabuhan Buluminung (istimewa)


Pelabuhan Buluminung, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, selama ini digunakan sebagai pelabuhan untuk melaksanakan kegiatan bongkar muat kelapa sawit mentah atau crude palm oil yang biasa disingkat CPO.


Namun, kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser, Ahmad, pelabuhan itu akan segera dipersiapkan untuk dijadikan pelabuhan bongkar muat material dan logistik Ibu Kota Nusantara (IKN). 


Pelabuhan Bulumintung sendiri brada di atas lahan seluar 42 hektar namun baru 17,9 hektar yang sudah disertifikatkan Luasnya lahan pelabuhan tersebut dinilia memadai untuk dijadikan akses bongkar muat material dan logistik bagi pembangunan IKN.


Tahun 2023 ini, Pemerintah pusat akan segera menyiapkan anggaran sekitar 28 milyar untuk mengembangkan dan meningkatkan pelayanan di Pelabuhan Bulumintung. Pengembangan dan peningkatan yang akan dilaksanakan antara lain pengadaan sistem navigasi dan pembangunan sejumlah gedung yang akan digunakan untuk menunjang operasional pelabuhan.


Sementara itu, pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara telah menyiakan lahan seluas dua hektar untuk dijadikan lokasi pengembangan dan peningkatan pelabuhan tersebut. 


Pembangunan infrastruktur IKN yang sedang berlangsung antara lain pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi dan pengambilan air Sungai Sepakul Jalan Lingkar Luar Sepaku juga sedang dibangun dan pelebaran jalan poros Petung-Sepaku juga sedang dilaksanakan. 


Pemerintah pusat juga akan membangun Istana negara dan kantor-kantor lembaga negara serta beberapa titik jalan tol yang akan menjadi penghubung IKN yang baru. 


Tahun ini, aktivitas pembangunan IKN bakal padat kata Ahmad, sebagaimana dilansir antaranews.com. Pembangunan tersebut membutuhkan sejumlah pelabuhan untuk kegiatan  bongkar muat material dan logistik yang dibutuhkan untuk membangun IKN baru tersebut. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penanganan Spesial Cargo

Menteri BUMN Apresiasi Prestasi Pelindo Pasca Merger

Mengenal Tipe Truk Cargo