5 Tips Aman Mengirim Barang Elektronik

ilustrasi jasa ekspedisi


Para pemilik usaha jual beli dan distribusi peralatan elektronik harus memahami bagaimana cara mengirimkan barang-barang elektronik dengan aman. Barang-barang elektronik seperti handphone, laptop, televisi dan lain sebagainya sangat tinggi tingkat risiko kerusakannya. 


Berikut sejumlah tips yang bisa diterapkan sebelum mengirimkan barang berupa peralatan-peralatan elektronik kepada pihak yang dituju, sebagaimana dilansir joglosemarnews.com. 


01. Menggunakan Packing Kayu Untuk Peralatan Elektronik Berukuran Besar


Packing kayu merupakan sarana pengamanan yang sangat penting untuk memastikan keamanan barang-barang elektronik berukuran besar seperti laptop, televisi, kamera, monitor komputer dan lain sebagainya. Packing kayu jauh lebih kokoh dan aman apabila dibandingkan dengan packing bubble wrap untuk barang-barang elektronik besar seperti di atas. 


02. Menggunakan Bubble Wrap Untuk Peralatan Elektronik Berukuran Kecil


Apabila barang-barang elektrnik yang hendak dikirim berukuran kecil, seperti tablet, HP dan sejenisnya, maka Anda bisa menggunakan bubble wrap saja. Untuk peralatan elektronik berukuran kecil, bubble wrap sudah aman. Meskipun demikian, anda dapat menggunakan beberapa lapis bubble wrap agar risiko barang elektronik yang dikirimkan mengalami kerusakan bisa diminimalisir. Harga bubble wrap itu sendiri tidak mahal sehingga penggunaan bubble wrap lebih dari satu layak dipertimbangkan. 


03. Menggunakan Busa Styrofoam


Untuk meningkatkan keamanan barang-barang elektronik yang akan dikirim, penggunaan busa styrofoam bisa dipertimbangkan. Busa styrofoam ini akan melindungi sisi-sisi barang elektronik agar tidak penyok apabila terjadi guncangan saat dalam perjalanan menuju konsumen. 


Barang-barang elektronik baru biasanya sudah dilengkapi busa styrofoam dalam kardus tempat menyimpan barang-barang tersebut. 


04. Menambahkan Stiker Peringatan Fragile


Apapun kemasan yang dipergunakan, jangan sampai kita lupa menempelkan stiker fragile pada kemasan barang elektronik tersebut. Sticker ini merupakan tanda bagi pihak jasa pengiriman barang agar mereka lebih berhati-hati menangani barang tersebut karena barang itu mudah pecah dan pecah bila tidak ditangani dengan baik. 


Stiker Fragile harus ditempatkan di tempat yang mudah terlihat, misalnya dekat label alamat pengiriman barang. Stiker seperti itu ada yang sudah disediakan oleh pihak jasa pengiriman barang, bisa juga dibuat oleh pengirim dengan memesan di percetakan.


05. Memilih Jasa Pengiriman yang Tepat


Setelah proses pengepakan selesai dilakukan dengan sebaik-baiknya, Anda perlu mencari jasa pengiriman yang tepat untuk mengirimkan barang-barang Anda.  


Sebelum memilih, anda perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jasa-jasa ekspedisi yang ada. Jangan lupa memeriksa dengan cermat ongkos kirim dan layanan yang paling cocok untuk mengirim barang-barang elektronik. Anda juga harus memberikan penjelasan yang lengkap tentang barang elektronik yang anda kirim pada pihak jasa pengiriman barang agar mereka bisa memberikan perlakuan terbaik pada barang Anda. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penanganan Spesial Cargo

Menteri BUMN Apresiasi Prestasi Pelindo Pasca Merger

Mengenal Tipe Truk Cargo