5 Manfaat Perusahaan Pengiriman Barang



Meningkatnya aktivitas belanja dan transaksi online melalui jaringan Internet menimbulkan peningkatan kebutuhan jasa pengiriman barang. Barang-barang yang dikirimkan pun semakin banyak dan beragam, mulai dari dokumen, pakaian, alat-alat rumah tangga, peralatan elektronik, bahan makanan dan masih banyak lagi. Moda transportasi yang digunakan pun semakin beragam, baik yang melalui jalur darat, laut maupun udara. 

Selain itu, jasa-jasa pengiriman barang juga memiliki banyak sekali manfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Manfaat tersebut antara lain:


01. Pengiriman Barang dan Dokumen 

Jika tidak ada jasa pengiriman barang, pebisnis mau tidak mau harus mengirim sendiri barang-barangnya sendiri kepada konsumen. Selain banyak memakan waktu, pengiriman barang secara mandiri juga membutuhkan ongkos dan tenaga yang tidak sedikit. 

Lain halnya apabila dia menggunakan jasa pengiriman barang. Dia hanya perlu mengeluarkan sejumlah uang sebagai ongkos kirim dan barang miliknya akan sampai ke penerima dalam beberapa hari berikutnya. 

Barang-barang yang dikirimkan bukan hanya barang yang dijual toko-toko online kepada konsumen mereka. Orang-orang pun dapat mengirimkan barang-barang non komersial kepada keluarga, teman atau saudara yang tinggal di luar kota, di lain wilayah bahkan sampai ke luar negeri. 


Semua jenis barang bisa dikirimkan dengan menggunakan jasa layanan pengiriman barang selama barang-barang itu bukan barang yang dilarang oleh Undang-Undang atau peraturan pemerintah. 


02. Mendukung Pengiriman Ekspress atau Kilat

Apabila seseorang butuh segera mengirimkan barang ke luar provinsi tempat di tinggal, dia bisa menggunakan jasa pengiriman kilat. Ada perbedaan yang cukup besar antara layanan kilat atau ekspress dan layanan reguler. Layanan reguler membutuhkan waktu hingga 3 sampai 4 hari, sedangkan pengiriman kilat hanya butuh 1 sampai 2 hari. Meskipun demikian, pengirim barang harus membayar ongkos kirim yang lebih mahal daripada ongkos kirim jasa layanan reguler. 


03 Jaminan Keamanan

Manfaat menggunakan jasa pengiriman barang berikutnya adalah adanya jaminan keamanan untuk barang-barang yang dikirimkan.  Jaminan keamanan tersebut berupa jaminan asuransi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan barang. Jaminan keamnana seperti itu tentu bermanfaat bagi pihak pengirim barang yang menggunakan jasa ekspedisi tersebut. 


04. Mudah Untuk Tracking

Mengirim barang tentu lebih aman dengan mempercayakannya pada pihak yang memiliki fasilitas tracking daripada mengirimkannya dengan menggunakan jasa pihak yang tidak memiliki fasilitas tersebut.

Sekarang ini, hampir semua layanan pengiriman barang atau jasa ekspedisi memiliki fasilita tracking seperti itu. Cukup dengan memasukkan nomor resi ke situs pelacak paket di Internet, Anda bisa melacak posisi barang yang dikirimkan secara real time. Pembeli barang pun dapat melakukan pelacakan yang sama. Bila ada kendala atau keterlambatan dalam pengiriman barang, Pebisnis yang mengirim barang bisa langsung menghubungi Customer Service perusahaan ekspedisi yang dia pilh. 


05. Menyediakan Lapangan Pekerjaan.

Selain bermanfaat untuk para pebisnis yang hendak mengirim barang dan para konsumen penerima barang, jasa-jasa ekspedisi juga bermanfaat untuk masyarakat. Jasa ekspedisi membutuhkan supir atau driver untuk mengemudikan kendaraan pengantar barang berupa truk, mobil box atau sepeda motor.  Kantor-kantor jasa pengiriman barang juga membutuhkan tenaga adminsitrasi untuk meng-input data barang-barang yang akan dikirim dan menerima pembayaran ongkos kirim dari pengguna jasa pengiriman tersebut. 


Demikian penjelasan mengenai manfaat perusahaan jasa ekspedisi atau pengiriman barang bagi pengirim barang, penerima barang dan orang-orang yang bekerja di perusahaan-perusahaan tersebut.  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Penanganan Spesial Cargo

Menteri BUMN Apresiasi Prestasi Pelindo Pasca Merger

Mengenal Tipe Truk Cargo